Cara seting modul injeksi Honda

Hallo gan!!!
Ane mau ngasih sedikit tutorial, tentang bagaimana cara seting modul husus untuk sepeda motor HONDA yg memang sudah menggunakan program injeksi!!
Kebetulan ane emang bekerja di AHASS(astra honda autorized service station) tepatnya menjabat sebagai Service Advisor AHASS, dan agan2 udah tau dong AHASS tu apa! ya gan AHASS itu nama bengkel resmi untuk sepeda motor HONDA!
Di sini ane mau jelasin dulu apa itu modul injeksi HONDA gan, mungkin agan udh ada yg tau, tapi buat yg belum tau, ane di sini mo ngasih penjelasan dulu, biar lebih faham dan gampang di mengerti!
Ok gan!! Sekarang memang jamanya sudah modern, dari mulai hal terkecil sampai yg besar sudah modern dan sangat canggih. Dari handphone pun sekarang bukan hanya sekedar handphone, bisa menjadi kamera CCTV, menjadi alat pendeteksi hantu, dsb.
Karna memang jamanya ya gan! Dan gak ketinggalan juga untuk dunia otomotif, hususnya di sini yg ane bahas adalah injeksi HONDA.

HONDA memang sepeda motor pertama di indonesia yg berani mengaplikasikan system injeksinya dan di pasarkan! Waktu itu HONDA sangat berani walau merek lain mungkin menertawakan keputusan HONDA, karna merek lain hanya diam dan masih bertahan dgn produk mereka!! Waktu itu memang belum banyak yg kenal dgn system injeksi, bahkan hampir kritis!!
Ok kembali ke topik, sekarang semua tipe motor HONDA yg di pasarkan sudah menggunakan system injeksi,dari mulai tipe cub, matic, sampai sport. Dari beberapa tipe sepeda motor HONDA injeksi memang ada yg harus seting modul, dan ada yg udah otomatis seting sendiri! Yg perlu di seting modul di antaranya All vario, beat, scoopy, spacy, revo, supra x, blade, dan verza! Pertanyaanya kenapa harus seting modul? Kenapa gak d otomatiskan saja? Untuk jawabanya ane gak tau gan, masalah nya ane bukan bagian marketing HONDA,,heeee
Tapi menurut ane, untuk mengurangi biaya spare part. Coba agan perhatikan tipe yg perlu di seting modul, semuanya itu adalah tipe yg laku di pasaran, yg kalangan menengah ke bawah bisa memilikinya, bayangin aza kalo sensor nya rusak? Biaya lagi kan! Memang seting modul lebih ribet, tapi biaya di jamin lebih terjangkau! Kembali lagi ke kita mau pilih yg mana,,,
Seting modul injeksi HONDA itu sangat mudah, yg paling pertama cari dulu soket DLC yg berwarna merah, untuk tempatnya tergantung dari tipe motor nya! Tapi kebanyakan letaknya memang gak jauh dari tempat baterai/aki. Bila udah ketemu siapakan shoot conector dan tancapkan(posisi kunci kontak off), udah gitu tarik grip gas secara penuh dan tahan, saat agan menahan grip gas on kan kunci kontak nya,biarkan on lalu liat lampu mil indikator di speadometer akan berkedip cepat,saat berkedip lepaskan grip gas yg udah agan tahan tadi hingga agan liat kedipan mil akan berubah menjadi satu kedipan yg terputus-putus,  itu tandanya seting modul berhasil di modul satu.
tau gk gan kenapa ane seting di modul satu! Yg pertama emg contoh aza, tpi yg pling utama karna ane brda di daerah sekitar ketinggian 2.037m,
Tepatnya ane skrang ada d kota sumedang, jadi intinya seting modul itu harus tau dlu ketinggian daerah tersbut! Krna klo gk sesuai antara ketinggian dan modul,nantinya motor akan brebeud! Agan dah tau kan ktinggian d daerah agan skrg,klo gk tau gmna! Klo gk tau, agan bisa googling dlu, dan alternatif klo ttp gak tau juga gmn! Kalo gk tau juga agan bisa coba2 deh! Maksudnya, agan coba dari modul satu sampai modul ke empat, dan rasakan modul mana yg menurut agan paling nyaman! Tadi di atas ane dah kasih tutorial seting modul satu nya, trus untuk modul dua, tiga, dan empat gimana? Cara nya sama, cuma bedanya ada di waktu agan melepas grip gas nya, kalo yg modul satu, grip gas hanya di lepas satu kali, sedangkan utk yg modul dua setelah grip gas di lepas, tarik kembali grip gas secara penuh, lalu lepas! Jadi yg modul dua tu agan melepas grip gas nya 2x, trus untuk tau berhasil gak nya, agan bisa melihat pada mil indikator, kalo yg modul satu itu kedipannya satu terputus-putus, dan untuk modul dua kedipanya 2x terputus, dan begitu dgn modul berikutnya!
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

ANDROID & INTERNET

Games & Multimedia

Recent Posts