Penyebab Android Restar Sendiri 2017


hai temen-temen anief-home, kali ini saya mau curhat dengan masalah yg pernah saya alami sendiri. Waktu itu ada keluhan dari ponakan saya, jika kata dia android nya suka restar kalo lagi maen game, tanpa bertanya lagi saya langsung cek sendiri kondisi android nya, saya langsung cek cache dari beberapa aplikasi yg paling besar, ternyata memang iya chace banyak yg menumpuk, namanya juga anak kecil pasti gak cek sampe kesitu, disisakan beberapa chace yg penting saja, setelah itu langsung di cek, dan ternyata android tersebut masih restar setelah beberapa menit di pake maen game, lalu di cobalah hapus aplikasi yg kurang penting, setelah di hapus saya coba restar android nya biar lebih fress, setelah menyala langsung saya coba maen game sampe beberapa menit, dan syukur masalah sudah teratasi, android nya tidak kembali restar.

Dari permasalah diatas, ahirnya saya mempunya ide untuk membahas nya di sini, saya sudah mengumpulkan beberapa permasalahan yg menyebabkan masalah ini, semua nya saya ambil dari beberapa sumber, tanpa panjang lebar langsung saja mari kita bahas satu persatu di bawah ini :

  1. Terlalu Banyak File Sampah Yang Menumpuk. Setiap anda membuka dan menjalankan aplikasi tentunya akan memproduksi file sampah atau file cache secara terus – menerus. Dan apabila file tersebut terus menumpuk dan tidak pernah dibersihkan maka dapat menyebabkan ponsel android terasa berat, sering error, force close tiba – tiba, hang, dan pada akhirnya restart dengan sendirinya. 
  2. Terjadi Kerusakan Pada Aplikasi. Apabila ada aplikasi yang error, terasa berat, berhenti tiba – tiba, muncul pesan error, force close maka hal tersebut bisa menjadi kemungkinan smartphone android nya restart dengan sendirinya.  File aplikasi yang tidak lengkap, rusak, atau tidak compatible membuat sistem android sering error.
  3. Sistem Android Error. Jika sistem android mengalami kerusakan karena hal tertentu, mungkin secara tidak sengaja temen-temen menghapus file sistem maka secara tidak langsung hal tersebut membuat sistem android terjadi error, hang, restart sendiri.
  4. Sistem Android Telah di Root. Root memang terlihat sangat baik untuk pengguna, tapi sebenarnya root tidak baik untuk smartphone itu sendiri. Dengan root pengguna bisa mengakses sistem yang sebelumnya tidak bisa diakses dan pengguna bisa memasang game berat yang sebelumnya tidak bisa dipasang. Tapi terkadang root dibeberapa kasus dapat membuat file sistem error, mungkin saja terjadi crash pada file tertentu dan mengakibatkan Android mati sendiri. 
  5. Overload Pada CPU, Memory RAM dan GPU. Bebat yang terlalu banyak atau berat dapat membuat hardware menyerah dalalam menangai semuanya. Banyaknya aplikasi yang anda jalankan membuat hardware tidak kuasa melakukan semuanya. Setiap smartphone memiliki kemampuan yang berbeda – beda, untuk itulah sebagai penguna yang bijak temen-temen tidak perlu memaksakan sesuatu yang memang tidak mampu dilakukan oleh smartphone tersebut. Overload pada hardware utama seperti CPU, Memory RAM dan GPU akan membuat hang, dan pada akhirnya smartphone akan restart/mati sendiri.
  6. Panas Berlebihan (Overheat). Hardware yang terlalu panas sering kali terjadi pada baterai smartphone. Dan apabila baterai panas maka akan merambat ke hardware lain seperti RAM, Processor, dan lain – lainnya. Semua jenis teknologi seperti smartphone memang dirancang untuk melakukan restart sendiri apabila suhu hardware serasa sangat panas. Hal ini juga sering terjadi pada komputer, terlalu panas hardware komputer juga dapat mengakibatkan komputer restart sendiri.
  7. Usia HP Sudah Tua. HP yang sudah berumur lebih dari 3 atau 4 tahun bisa dikatakan sudah tua, dan untuk kualitas dan performa dari hardware smartphone itu sendiri pasti menurun. Artinya sebagai pengguna jika memang umur HP sudah tua, tidak perlu memaksakan HP untuk bekerja keras dalam memaksimalkan penggunaan. 
  8. Game (Beta). Game versi beta atau versi uji coba bisa menyebabkan HP Android mengalami Restart dengan sendiri. Mungkin game yang di pasang Kurang lengkap atau mungkin tidak kompatibel dengan sistem, sehingga menyebabkan terjadinya error berturut – turut dan alhasil restart dengan sendirinya.
  9. Crash Software. Aplikasi yang bertabrakan biasanya terjadi pada 2 anti virus atau game Android. File yang bertabrakan mungkin disebabkan karena update yang belum selesai sehingga membuat file campur aduk dan sering mengalami error. Dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi restart.
  10. Terserang Virus Jahat. Virus merupakan ancaman pada semua sistem operasi, baik itu pada komputer ataupun smartphone. walau satu virus yang berbahaya bisa saja menyebabkan semua sistem rusak total. Contoh sederhana restart sendiri, mungkin virus tersebut masuk pada sistem reboot yang membuat smartphone sering terjadi restart. Sebaiknya gunakan anti virus handal untuk menghapus dan mencegah masukkan virus ke sistem android.
Dari beberapa masalah di atas tentunya temen-temen sudah bisa menyimpulkan mengenai permasalah pada smartphone android nya. Untuk mengatasinya, temen-temen bisa simak tips memperbaiki smartphone android yang sering mengalami restart sendiri dibawah ini :

  1. Bersihkan Cache Android. Apabila temen-temen tidak pernah menghapus file cache atau sampah maka sebaiknya lakukan penghapusan agar nantinya smartphone nya tidak terasa berat. Tidak perlu bingung, menghapus file cache sangatlah mudah. Dengan menginstall aplikasi Clean Master maka semua file cache bisa temen-temen hapus. Cukup dengan sekali tap maka semua file junk, cache, dan history bisa bersih secara total. 
  2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Compatible. Mungkin temen-temen merasa kesulitan membedakan mana aplikasi yang tidak compatible. Sederhana saja, jika ada aplikasi tertentu yang sedang mengalami error atau sering muncul pesan error seperti force close maka tandanya aplikasi tersebut tidak compatible. Mungkin karena OS Android nya atau mungkin karena aplikasi tersebut memang tidak compatible dengan OS Android nya. Untuk menghapusnya, bisa masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua, lalu cari dan tap aplikasi yang ingin di hapus. Tap “Copot Pemasangan” untuk menghapus/Uninstall aplikasi.
  3. Unroot Android nya. Jika sebelumnya temen-temen telah melakukan proses rooted pada smartphone android tersebut, dan setelah itu smartphone sering mengalami restart maka dapat disimpulkan “root” adalah penyebabnya. Lakukan Unroot agar android nya bisa berjalan dengan normal kembali. Gunakan aplikasi Unroot untuk menghapus rooted pada android temen-temen semua.
  4. Pasang Anti Virus. Gunakan anti virus yang handal untuk menghapus dan mencegah virus agar tidak bisa merusak sistem android temen-temen semua. Anti virus terbaik yang sering digunakan oleh para pengguna android yakni AVG, CM Security, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free, dan anti virus – antivirus lainnya. Pilih salah satu diantara anti virus yang saya sebutkan tersebut. Unduh dan pasang anti virus melalui Google Play Store. 
  5. Hapus Game. Hapus game yang memberatkan smartphone android. Atau jika temen-temen menginstall game versi beta atau versi yang kurang compatible dengan OS Android nya maka sebaiknya hapus saja. Tujuannya agar smartphone tidak sering terjadi error, rusak, ataupun restart sendiri.
  6. Reboot Smartphone. Matikan smartphone android temen-temen, lalu cabut baterai, SIM Card, dan SD Card (Micro SD). Diamkan beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke smartphone. Pasang dan nyalakan kembali android nya.
  7. Ganti SIM Card. Ternyata ada beberapa kasus terjadi restart android disebabkan oleh SIM Card, entah kenapa tapi itu benar – benar terjadi. Coba ganti SIM Card nya dengan yang lain atau yang baru, semoga saja nantinya tidak terjadi restart tiba – tiba.
  8. Factory Riset. Jika semua cara diatas tidak berhasil, maka hanya bisa satu cara terakhir yang dengan mengembalikan smartphone ke kondisi semua (Pengaturan Pabrik).


Jika beberapa jalan di atas sudah di coba, namun masalah masih tetap ada, coba saja untuk di bawa ke tukang service android, karena kemungkina hardware nya ada yang kena, setidak nya kita berusaha dulu, kalo sudah tak mampu bawa sama yg ahlinya,, xixixiixxixii

SELAMAT MENCOBA
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

ANDROID & INTERNET

Games & Multimedia