Clash Of Clans


Halo,,,siapa yang tidak kenal dengan game satu ini , baik di iOS dan Android, banyak orang yang menyukainya.

Waktu awal saya mainkan memang biasa saja, tetapi saya coba terus mainkan lama-lama permainan ini makin asik aza, sampai kadang saya lupa waktu kalo saya sudah memainkannya, intinya saya sangat senang sekali dengan game ini.

Didalam game ini kita memiliki sebuah kampung yang kita bangun mulai dari awal dan tujuan kita digame ini yaitu menjaga harta kita yg berupa gold dan elixir, yg nantinya harta ini kita gunakan untuk upgrade defense (pertahanan) kita, atau upgrade trop (prajurit) kita.

Kita membangun mulai dari awal, dari hanya defense trop yg biasa, sampai nanti terus naik level nya, dengan harga yg lebih besar pula.

Ini permainan strategi, dan ketelitian pula, karna selain kita harus punya strategi, kita harus jeli juga menebak ada di mana trap (jebakan) yg tersembunyi di base lawan, karna dalam permainan ini kesalahan kecil bisa sangat berakibat fatal, terlebih pada saat kita attack war(berperang), selain kita diberikan batasan waktu, kita juga hanya di berikan jatah 2x attack dalam sekali war, beda lagi ketika kita ngerampok desa, kita di berikan kebebasan untuk memilih desa yg akan kita rampok hartanya, tapi tetap kita harus memakai stategi terbaik kita, karna kalo tidak, justru harta hasil jarahan kita lebih kecil dari jumlah modal kita pada saat membuat trop.
kurang lebih nya itulah gambaran dari permainan clash of clans.

saya merasa clash of clans adalah permainan yg sangat sempurna, selain permainan ini ringan, juga grafis nya cukup baik, di sini saya merasa ada sedikit lagi yg menurut saya masih kurang, dari beberapa kali update clash of clans memang semakin luar biasa. tapi tetap, sesuatu yg saya anggap kurang itu masih  ada, diantaranya :

  1. Tidak bisa clear all langsung dalam satu kali klick, ketika kita akan mengganti/cancel trop yg udah ada di barack, dan itu sangat menyulitkan, ketika kita pengin buru-buru untuk ganti trop sebelum terlanjur masuk ke army camp.
  2. Elixir tidak kembali utuh seharga trop apabila trop kita di donasikan ke pada teman satu clan, dan ini sangat mempengaruhi akan kekompakan suatu clan.
  3. Hanya Wall/pagar level 8 yg bisa di up pakai elixir, seharusnya dari level 1 pun wall harus bisa di up pakai elixir, karena biasanya di TH8 elixir banyak nganggur dan banyak tidak terpakai.
  4. Shield yg dulu menurut saya lebih baik dari yg sekarang, karna untuk yg sekarang harta kita akan lebih dominan habis terkuras, karna untuk dapat shield syarat utama musuh harus menurunkan trop lbih dari 30% kalo tidak kita hanya mendapat guard dan itu hanya aktif beberapa menit saja. makanya dari itu saat kita ngerampok, kita akan sedikit kesulitan saat menemui base yg sudah di attack berulang-ulang.
  5. Baby dragon, menurut saya trop ini tidak terlalu menambah variasi trop, ini menurut saya hanya berfungsi membantu teman satu clan yg belum punya dragon untuk mencoba seperti apa attack pakai dragon, itupun hanya dari cc clan, atau untuk cc defense war, karna kalo attack saya rasa tidak beda jauh sama dragon, trop ini memang sumbangan dari clash royal. saya punya saran ada sejenis trop ini tapi kerjanya kaya giant dia fokus ke defense masuh dulu, selebih nya bebas persis kaya giant tapi dia attack lewat udara, minion juga sama attack nya seperti baby dragon, makanya saya bingung ko supercell malah nambahin trop baby dragon yg kerjanya hampir sama kaya dragon dan minon.
  6. Wall breaker, trop ini berfungsi untuk menghancurkan wall musuh, trop ini terlihat paling berbeda, dan ini sangat keren dia rela mati demi hancurnya wall, cuma saya bingung, trop tersebut membawa bom tapi kalo dia mati waktu sebelum meledakan diri, bom yg dia bawa akan hilang begitu saja, seharusnya bom itu akan meledak di mana posisi dia mati, tidak harus meledakan diri saja karna dia akan terasa lebih di hargai, saya harap supercell bisa faham dengan masalah ini.
  7. Gem, menurut saya sangat sulit mendapat gem secara gratis, iya memang ini penghasilan utama supercell, cuma saya harap supercell dapat berbaik hati untuk memberikan bonus gem gratis  kepada member setiap memcapai level tertentu.
  8. banned permanent, menurut saya ini kesalahan terbesar, saya rasa supercell terlihat angkuh dan sombong dengan melakukan banned permanent kepada beberapa member yg melakukan kecurangan, ini akan membuat kesal yg panjang, saya sarankan banned hanya heberapa bulan saja, 3 bulan, 6 bulan atau satu tahun tergantung dari peringatan yang sudah di lakukan supercell. menurut saya ini akan lebih membuat member labih dewasa dalam bermain, dari pada harus langsung banned permanent.
  9. Spel kurang bervariasi, kalo saran saya ada spel yg dapat menghentikan seluruh defense musuh walau hanya beberapa detik tergantung levelnya, seperti spel freeze cuma ini untuk all defense musuh, termasuk CC, BK, AQ dan lainnya. dan msih banyak lagi spel.
  10. Barak masih kurang, menurut saya ini adalah hambatan yang sangat terasa, karna dengan barack elixir 4, dan barack dark elixir 2 kita masih harus menunggu trop keluar terlalu lama, masih jarang member yang mau nungguin trop keluar secara terus menerus, karna ini memakan waktu yang lama, apalagi jika kita melatih trop elit seperti golem, pekka, lava, dll. Saran saya barack elixir 6 dah cukup, dan barack dark elixir 4 akan sangat membantu, dan kita akan betah berlama-lama memainkannya. ini memang permainan supercell agar kita gunakan gem untuk bost barack, cuma saya harap supercell jangan terlalu egois, ini demi kenyamanan member dan member itu adalah konsumen yg harus di layani sebaik mungkin.

okay, mungkin cukup itu dulu yg menurut saya masih kurang, kalo teman-teman punya unek-unek apa tentang clash of clan silahkan tambahkan di kolom koment, ini untuk sekedar saran, kurang lebih nya supercell yg punya kendali...
makasih


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

ANDROID & INTERNET

Games & Multimedia