HONDA Beat FI Mogok

langsung aza ya gan!
kemarin pagi waktu ane buka gerbang bengkel, ada seorang cewe yg spontan langsung samperin ane, ane dah tau dia pasti mau service, namanya bengkel kalo kesini pasti mau service, tapi dia gak bawa motor, ooo pastia mau nanyain sparepart, betul gak gan! hee
tapi tatapan nya itu loh gan, agak sedikit kesal, cape, terus panik juga! ane dah yakin, wah ini mah mau komplain service kayaknya, tapi apa coba gan! setelah ane tanya langsung, ternyata dia kesel ama motornya yg baru 2 minggu beli tapi sekarang gak bisa hidup alias mogok, ane tanya deh motornya itu motor apa! terus dia jawab motor honda, lah ini cewe honda kan banyak yah, tapi ane yakin juga pasti gak jauh dari matic! terus ane tanya lagi, "motornya matic mba?" katanya iya, terus ane tanya lagi, "honda beat?" dia jawab lagi ya katanya.
trus ane tanya, "pertamanya gimana mba, sampe gak bisa hidup?" dia malah marah, "ya saya gak tau, pkoknya kmrin mlem waktu saya pulang kuliah motor lancar-lancar aza, tapi pas barusan mau saya pakai malah motor nya gak bisa hidup" pokoknya dia marah-marah gan, katanya motor baru kok mogok? ahirnya setelah dia puas marah-marah nya dan ane bisa kasih penjelasan yg masuk akal, walau marah-marah nya masih ada kami sepakat bergegas ke kosan dia, tidak lupa kunci-kunci dan alat-alat yg sudah di persiapkan!
wih sepanjang jalan cewenya dieuuuummmmm terus, sampe ane jadi salting gan, hahaha lucu sih kalo di fikir-fikir mah.
setelah sampe, di periksa dan di analisa! ternyata masalahnya sangat sepele, masalah mogoknya itu gara-gara kabel yg dari ECM ke side stand switch nya terputus, penyebabnya itu. di gigit tikus! hahaha dalam hati, ane ketawa sendiri gan, emang ane dah yakin dari kabel ini, masalahnya gk sedikit juga ada kasus kayak gini gan. eh dengan polosnya cwe itu malah tanya kenapa bisa di gigit ya? terus ane jawab apa coba,,,,ane tanya lagi dia "bisa bantu cari tikus yg gigitnya gak?" trus dia gk jawab malah tanya kenapa, ane jawab aza "buat tanya kenapa dia bisa gigit kabelnya?",,,%$@@$##$$#%^
"hehehehe si aa bisa aza" kata dia,,, sambil ane benerin kabel yg terputus sambil kami ngobrol d sana, ahirnya kami jadi akrab sejak kejadian itu.
dari cerita di atas ane cuma mau ngasih saran, buat cwe/cwo atau kduanya yg pnya pnglaman sama, jangan dlu panik, intinya kalo sama sekali gk ada respon waktu tmbol stater nya di pijit, persis seperti standar sampingnya turun, dgn catatan klakson sama sein masih jalan, bisa di pastikan masalah nya sama yaitu dari kabel side stand switch yg terputus!
untuk lebih jelasnya liat gambar di bawah :
yg pertama buka dulu cover yg udah ane lingkari, ane yakin agan2 udah faham betul masalah ini.

yg ke dua buka cover yg udah ane kasih kotak.

yg ke tiga,, agan liat gambar diatas yg di dalam lingkaran yg ada angka 2, itu kabel nya yg harus agan telusuri, agan tau kan itu kabel apa?.... sip, itu kabel swit standar samping nya honda beat FI, jadi agan tinggal telusuri di sebelah mana yg putus, cara nyambungnya bebas gan, yg penting rapih mau bolak balik juga gk ada polaritas.
oh iya gan,untuk nomor satu dan nomor 2 agan bisa bolak balik mau buka yg mana dulu terserah agan, cari yg lebih mudah menurut agan aza okay??
yaudah cukup sampai disini curhatan ane, mungkin kalo ada yg masih belum faham gimana perbaikannya, bisa hubungi ane aza di FB atau di kolom koment lebih baik,,,,
mangga ahhhh....


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

ANDROID & INTERNET

Games & Multimedia